Musim hujan bukan suatau rintangan buat bikers atau pengendara sepeda motor. Agar nyaman dan aman waktu menunggangi motor, kami berikan 7...

7 Tips Berkendara Aman Saat Musim Hujan

Image result for 7 Tips Berkendara Aman Saat Musim Hujan

Musim hujan bukan suatau rintangan buat bikers atau pengendara sepeda motor. Agar nyaman dan aman waktu menunggangi motor, kami berikan 7 Panduan Berkendara Aman Waktu Musim Hujan. Kita tidak mau hujan menghalangi perjalanan kita ke tempat arah. Karena itu satu orang pengendara motor semestinya menyelimpang jas hujan jadi pelindung waktu perjalanan kamu dsertai hujan. Jas hujan salah satu kelengkapan yg harus dibawa bila kita berkendara saat musim hujan.
Panduan Berkendara Aman Waktu Musim Hujan tidak lepas dari bagaiman pilih jas hujan yang baik, nyaman dan aman untuk pengendara roda dua :

1. Lebih Baik Tidak Pilih Mode Ponco
Mode ini terbanyak dipakai oleh pengendara motor. Tidak hanya sebab praktis waktu dipakai, mode ponco punyai harga yang relatif murah. Serta di mini market umumnya jual jas hujan bahan plastik berupa ponco ini, dua 3x gunakan mungkin manfaatnya telah alami penurunan. Mode ini bila digunakan terburu-buru akan memengaruhi pengendara lain. Sebab sisi belakangnya yang menjuntai bisa mengganggu pengendara lain. Ini dapat menyebabkan fatal, ditambah lagi dalam keadaan hujan benar-benar lebat.

Mode ponco riskan mencederai diri kita. Pengendara terkadang tidak sadar jika sisi menjuntai jas hujan ponco sudah masuk ke jeruji roda. Keadaan ini dapat meningkatkan daftar kecelakaan bermotor. Belum juga bila sisi dari ponco itu menutupi lampu belakang serta sein motor yang kita kendarai, fatal sekali mengakibatkan.

Jalan keluarnya ? Pilih Mode Setelan
Mode setelan benar-benar pas untuk kenyamanan berkendara waktu hujan. Mode ini juga tidak punya pengaruh waktu hempasan angin sedang kencang. Itu sebab bentunya yang menyatu dengan badan penggunanya.

Walau memakai mode setelan, jangan juga beli yang ukurannya benar-benar cocok dengan badan. Tidak hanya akan menyusahkan bila bawa tas atau barang bawaan lain, mode yang begitu cocok dengan badan riskan dimasuki air.

2. Pilih Jas Hujan Warna Yang Jelas
Jas hujan bukan sekedar berperan membuat perlindungan tubuh dari basah karena hujan. Lebih jauh dari itu, jas hujan jadi pendukung keamanan berkendara. Warna yang menonjol benar-benar dianjurkan waktu hujan deras. Ini sebab, waktu hujan mengguyur deras, jarak pandang pengendara akan menyusut. Jas hujan dengan warna menonjol ditambah lagi bila dapat pancarkan sinar seperti yang dipakai pada rompi polisi semakin lebih baik.

3. Jangan Lupa Menggunakan Shoe Cover
Tidak hanya memperhitungkan bentuk serta bahan. Satu hal yang terkadang juga dilalaikan oleh pengendara motor ialah shoe cover atau pelindung sepatu. Ini penting, ditambah lagi buat pengendara motor yang aktif menggunakan jual sepatu safety .

Panduan pilih pelincung sepatu ialah yang memiliki bentuk tinggi. Sebab bila bentunya sama juga dengan tinggi sepatu, peluang basahnya besar. Masalah bahan sampai resletingnya, hampir serupa dengan beberapa cara di atas. Bentuk yang tinggi gampang diselipkan masuk dalam kaki jas hujan.

4. Jangan Berhenti di Sembarangan Tempat

Banyak pengendara waktu hujan pertama-tama turun, langsung berbelok minggir dengan tiba-tiba, ditambah lagi tidak memberi sinyal sein. Mengakibatkan pengendara dibelakangnya jadi terkejut serta dapat menyebabkan menabrak kita. Jalan keluarnya, bila hujan turun mendadak deras, berikan interval sedikit (1 menit ) selanjutnya kasih sinyal sein serta selekasnya menepi. Ini lebih baik bila kamu langsung belok tiba-tiba.

5. Jangan berteduh di Bawah Jembatan.

Umumnya, banyak pengendara yang tidak bawa jas hujan berteduh dibawah jembatan. Jumlahnya dari pengendara ini banyak sekali serta dapat menyebabkan kemacetan jalan raya. Jalan keluarnya ialah berupaya bawa jas hujan pada motor kita, seperti pepatah ” sedia payung sebelum hujan “.

6. Konsentrasi Waktu Berkendara

Meskipun hujan benar-benar deras, keadaan jalan bergelombang serta macet, upayakan masih konsentrasi supaya terlepas dari bahaya kecelakaan. Umumnya, banyak bikers yang terburu-buru ingin cepat pulang dengan meremehkan keselamatan sendiri, kurang konsentrasi, ngebut, serta jalan zig-zag.

7. Berdo’a

Alangkah lebih baik bila usaha yang kita kerjakan supaya selamat tiba di tujuan disertai dengan do’a. Berdoa dapat sebelum perjalanan atau diperjalanan. Tentu saja dikerjakan di hati saja tak perlu terdengar oleh pengendara lain.

Demikian 7 Panduan Berkendara Aman Waktu Musim Hujan mudah-mudahan semua pengendara kendaraan bermotor terutamanya roda dua diberi keselamatan di jalan. Mudah-mudahan selamat sampai tempat arah.

0 komentar: